LKMMPD

Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Pra Dasar atau yang biasa disebut LKMMPD yang dikhususkan untuk mahasiswa baru Statistika tahun 2015 kali ini mengambil tema “ Membentuk Kader yang Tanggap , Kontributif, dan Bertanggungjawab”. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari yaitu pada  tanggal 7-8 November 2015 ini salah satunya bertujuan untuk membangun jiwa kepemimpinan dalam kegiatan berorganisasi.

Kegiatan ini diisi dengan narasumber- narasumber yang telah berpengalaman di bidangnya. Materi yang disampaikan sesuai dengan panduan-panduan dalam LKMM-PD. Pada hari pertama pelaksanaan LKMM-PD ada 3 pemateri yaitu Syaifudin Karyadi dan Eko Siswanto daari Statistika Undip dan Firas Sabila Nurdini dari Sastra Jepang Undip. Salah satu materi yang langsung diaplikasikan dengan praktek secara langsung yaitu teknik sidang pada hari kedua pelaksanaan kegiatan LKMM-PD. Dengan pemateri, Vira Anesya dari Teknik Sipil Undip, peserta LKMM-PD disimulasikan dalam keadaan sidang yang sebenarnya. Hal ini menjadi pengalaman bagi para peserta dalam melakukan sidang yang mungkin sebagian besar belum pernah mengalami situasi serupa dalam pengesahan sebuah aturan maupun dalam mengambil keputusan dalam organisasi.

Pengalaman dan pembelajaran yang didapat, sangat berguna bagi para peserta, selain itu saat pembahasan materi peserta juga menunjukan keaktifan mereka dalam menanggapi setiap materi yang disampaikan oleh narasumber. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melatih jiwa bekerja sama mereka, namun ada kalanya mereka harus menampilkan kemampuan individu mereka. Peserta yang paling aktif di tiap kelompoknya mendapat penghargaan tertentu yang diapresiasikan bagi peserta yang dapat mencapai tujuan dari LKMM-PD itu sendiri.