Pelatihan PKM

Dalam mendukung salah satu visi dari Universitas Diponegoro untuk menjadikan Universitas Riset, maka perlu dikembangkan budaya ilmiah di lingkungan mahasiswa UNDIP yang  saat ini menurun. Minimnya budaya ilmiah mahasiswa dapat disebabkan oleh banyak hal, diantaranya informasi kompetisi ilmiah  yang kurang tersosialisasikan, mahasiswa cenderung berorientasi pada nilai (Indeks Prestasi), sehingga menurunkan rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya dan lain sebagainya.

Untuk itu, Himpunan Mahasiswa Statistika Undip memberikan sebuah solusi dalam mengatasi masalah tersebut yaiu dengan mengadakan “Pelatihan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa)”. Kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan semangat mahasiswa untuk berpikir secara ilmiah dan mengekspresikan ide-ide ilmiah. “Pelatihan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa)” diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswa terhadap penelitian sekaligus prosedur paten yang nantinya akan memajukan bidang ilmiah FSM.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 5-6 September 2015 ini, mendapat respon yang baik dari para mahasiswa khususnya mahasiswa baru karena sebagai acuan mereka dalam membuat PKM.  Dengan menghadirkan narasumber yang telah berpengalaman membuat PKM dan lolos didanai olek DIKTI, peserta mendapat ilmu yang tentunya sangat bermanfaat sebagai acuan mereka dalam membuat PKM yang lebih baik. Narasumber yang dihadirkan yaitu untuk materi pertama Hammas Musyaddad Abdul yang merupakan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip kemudian ada Irawati Tamara, mahasiswi Statistika Undip yang menyampaikan materi kedua, dilanjutkan dengan Hantiantoto M.I.K. dari Keperawatan Undip dan yang terakhir yaitu Alvin Darari dari jurusan Fisika Undip. Kegiatan ini diikuti oleh 140 peserta.