Achievement Motivation Training 2017

IMG_2027

Achievement Motivation Training atau yang biasa disebut AMT adalah sebuah program pelatihan yang biasanya diadakan oleh sebuah lembaga untuk pengembangan diri khususnya dalam hal peningkatan motivasi berprestasi pesertanya.

AMT Himasta Undip

Kegiatan AMT di Himasta UNDIP sendiri merupakan program kerja dari Bidang Kaderisasi dan Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (KPSDM) yang ditujukan kepada seluruh pengurus Himasta UNDIP yang mana bentuk kegiatannya  bertujuan untuk meningkatkan atau mempererat hubungan internal Himasta 2017. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada 25-26 Maret 2017 lalu yang bertempat di villa Ebony, Bandungan, Semarang.

Kegiatan ini diawali dengan kedatangan peserta di vila Ebony Bandungan sekitar pukul 19.30 WIB. Setelah istirahat sejenak, dilanjutkan dengan acara api unggun sekitar pukul 22.00 WIB. Pada saat acara api unggun, juga diadakan serangkaian acara sebagai ajang perkenalan antar pengurus terutama antar pengurus angkatan 2015 dan 2016. Acara pertama-pertama dibuka oleh MC lalu dilanjutkan sambutan dari Ketua Himasta 2017 terpilih yaitu saudara Riza Fahlevi. Setelah itu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Statistika UNDIP yaitu Mars Statistika yang dipimpin oleh Ketua Himasta 2017. Selanjutnya barulah masuk kedalam acara non-formal yang sangat ditunggu-tunggu oleh peserta, yaitu nyanyi bersama dan games. Peraturannya, peserta diminta oleh panitia untuk nyanyi bersama sambil perpegangan tangan mengelilingi api unggun, setelah musik dimatikan maka peserta wajib membentuk kelompok sesuai jumlah yang disebutkan oleh panitia. Peserta tampak antusias mengikuti games ini, terlihat saat peserta saling memperebutkan teman-temannya untuk membentuk suatu kelompok. Untuk peserta yang tidak masuk kedalam kelompok, maka peserta tersebut gagal dan akan mendapatkan hukuman. Yang mana hukumannya adalah kenalan dengan peserta lainnya. Nah disinilah, manfaat dari games ini. Peserta yang tadinya belum saling kenal akan menjadi kenal satu sama lainnya. Setelah pelaksanaan api unggun selesai, panitia menyarankan kepada peserta untuk beristirahat karena hari yang sudah semakin larut.

Pada hari kedua, rangkaian kegiatan AMT Himasta UNDIP diawali dengan senam bersama di halaman belakang villa dan dilanjutkan dengan sarapan pagi. Kemudian kegiatan selanjutnya yaitu games. Peserta dibagi kedalam beberapa kelompok, dan antar kelompok akan bertarung mendapatkan kemenangan di pos-pos perlombaan. Kegiatan games ini berlangsung hingga pukul 13.00 WIB.

Setelah istirahat shalat zuhur, makan siang serta beres-beres, dilanjutkan acara terkahir yaitu pengiriman pesan dan kesan antar peserta serta pembagian hadiah yang sudah dipersiapkan oleh masing-masing peserta. Disini terlihat bahwa peserta sudah saling kenal dan mengakrabkan diri. Lalu kegiatan AMT ditutup oleh panitia dan seluruh peserta kembali ke Tembalang.

Berikut beberapa dokumentasi kegiatan AMT di Himasta UNDIP

IMG_1969 IMG_2125

Gimana sih pendapat mereka?

“Dengan adanya AMT, diharapkan hubungan antar pengurus himasta semakin erat dan hangat, agar kedepannya dapat bekerja sama secara maksimal untuk menjalankan dan menyukseskan proker-proker Himasta, semoga kegiatan AMT menjadi langkah awal yang baik untuk menjalani masa kepengurusan setahun kedepan, dan semoga para pengurus Himasta pun tetap semangat sampai akhir kepengurusan nanti.” tutur Asri Lutfia Silmi salah seorang staf Bidang KPSDM Himasta selaku penanggung jawab dari kegiatan AMT 2017.

“Tujuan dari AMT ini sendiri untuk meningkatkan rasa solidaratas atau rasa kekeluargaan dari pengurus atau internal Himasta 2017. Harpannya, output yang tercipta yaitu suatu kepengurusan Himasta 2017 yang solid dan mampu berharmoni untuk berkarya bagi himasta maupun Statistika Universitas Diponegoro”, ungkap saudara Riza Fahlevi selaku Ketua Himasta UNDIP 2017.